NDCI Jatim Peduli Lingkungan – Touring Red Island

Seperti halnya komunitas mobil lainnya, Nissan Datsun Club Indonesia (NDCI) juga kerap kali melakukan tour ke obyek wisata bersama-sama. Dengan dimotori oleh NDCI Chapter Jatim, NDCI pada 01-02 November 2014 melakukan tour ke obyek wisata ke Pantai Pulau Merah Banyuwangi dengan tajuk “GO EAST”.

Tour kali ini selain bertujuan melakukan perjalanan wisata juga memiliki misi di bidang lingkungan hidup yaitu turut serta mengjaga kebersihan pantai dengan memberikan sumbangan berupa tempat sampah kepada pengelola pantai. Menurut Kordinator NDCI wilayah Surabaya Boy Hendi Yanto bahwa sumbangan ini tidaklah seberapa nilai dan jumlahnya namun diharapkan dengan tempat sampah yang dibawa NDCI mampu sedikit membantu dalam menjaga kebersihan pantai.

Tour GO EAST selain diikuti oleh anggota NDCI Chapter Jatim yang tersebar di wilayah Surabaya, Malang, Mojokerto, Sidoarjo dan Jember namun juga dihadiri dari chapter-chapter lainnya dari Jakarta, Bandung dan Bali beserta keluarga serta komunitas Nissan dan Datsun lainnya yaitu KLIK (Komunitas Livina Kaskus), NJIA (Nissan Juke Indonesia Association) dan Komunitas Nissan dari Dealer Nissan Malang. DGCI Jatim (Datsun Go Community Indonesia) yang sejatinya ingin menghadiri acara tersebut namun karena terbentur dengan kegiatan lainnya belum dapat bergabung di event kali ini.

Cinta Budiman selaku Ketua NDCI Chapter Jawa Timur menyampaikan bahwa tour kali ini diharapkan mampu menjadi ajang silaturahmi mengikat kembali persaudaraan dan persahabatan diantara para anggota NDCI maupun  dengan komunitas Nissan dan Datsun lainnya sehingga komunitas Nissan dan Datsun dapat menjadi brand ambassador tidak resmi yang kuat bagi merk Nissan dan Datsun.

Perjalanan yang menempuh jarak kurang lebih 650 km (pulang pergi) dimulai secara resmi dari Kota Pasuruan yaitu di Mesjid Al Kautsar pada pukul 04.30 setelah terlebih dahulu melakukan sholat subuh berjamaah. Peserta yang berjumlah 36 mobil di lepas menjadi beberapa grup dengan jeda waktu 3-5 menit agar tidak menggangu pengguna lalu lintas lainnya. Perjalanan agak tersendat di wilayah Lumajang karena ada antrian kendaraan di pasar pisang.

Pemberhentian pertama adalah di Dealer Nissan Datsun Jember pada Pukul 09.00 yang diterima oleh Bapak Cahyo selaku kepala cabang Nissan Datsun Jember. Pada kesempatan itu Bapak Cahyo dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada NDCI yang mau hadir ke dealer. Dengan kehadiran tesebut diharapkan bahwa masyarakat Jember pada khusunya menjadi tahu bahwa di kote Jember juga ada Dealer untuk Nissan dan Datsun.

Setelah melakukan ramah tamah dengan pihak Nissan Datsun Jember pada pukul 10.30 perjalanan dilanjutkan menuju Jajag Banyuwangi. Peserta memasuki Hotel New Surya Jajag Banyuwangi pada pukul 13.30. Di samping kolam renang hotel tersebut sambil beristirahat, peserta menu kuliner istimewa dari Jajag yaitu Ayam Pedas yang luar biasa.

Perjalanan menuju pantai Red Island (Pulau Merah) dari Jajag sepanjang 35 km dilalui dengan jalan yang berkelok-kelok. Peserta tidak perlu khawatir tersesat karena banyak penunjuk jalan menuju lokasi. Namun demikian tidak untuk arah kembalinya yang minim petunjuk arah sehinggi perlu ekstra waspada.
Peserta tiba di Pantai Pulau Merah pada pukul 15.30. Dilokasi tersebut sambil menunggu matahari terbenam, peserta bermain di pantai dan berfoto-foto mengabadikan pemandangan yang indah. Acara puncak dari kegiatan ini adalah Makan malam dengan Api Ungun dengan diiringi permainan music.

Kegiatan lainnya berupa penyerahan tempat sampah kepada pengelola pantai dan games dan pembagian doorprize dari sponsor. Sponsor yang mensupport acara ini selain Nissan dan Datsun juga disupport oleh Ultra Racing, Hi Qua, Okky Jelly Drink, 3 seluler, NL Tuning & Body Repair, serta Optik Jaya Tuban.
Obyek wisata yang dikunjungi tidak hanya di Pantai Pulau Merah saja namun dalam perjalanan pulang keesokan harinya, peserta menyempatkan diri mampir di Pantai Watu Dodol  Banyuwangi untuk menikmati indahnya biru laut dengan ditemani Es Kelapa Muda.

Kebersamaan serta kesetiakawanan di dalam komunitas ini benar-benar teruji pada kegiatan kali ini. Hal tersebut dibuktikan ketika ada kendaraan peserta yang mengalami trouble. Maklum saja kendaraan yang dipakai touring ini tidak seluruhnya merupakan keluaran tahun yang muda banyak juga Old Datsun yang sudah berusia 40 tahun turut berpartisipasi. Ketika terjadi trouble dengan sangat setia teman-teman lain berusaha membantu dan mensupport bahkan rela hanya sekedar menunggu troble tersebut teratasi agar dapat melanjutkan perjalanan bersama-sama. What a amazing team….

Terima Kasih buat :

  1. Allah SWT atas rahmat dan karuniaNya acara terselenggara dengan baik
  2. Panitia yang Hebaaaad (Roy, Ervin, Toni, BCL, Boy, Anton, dan Guruh-yang sandalnya ilang)
  3. Para Sponsor (Nissan, Datsun, UR, Hi Qua, Okky Jelly Drink (bener2 pelepas dahaga dan penahan lapar), 3 Selular, Optik Jaya, NL Tuning & Body Repair)
  4. Red Island Beach Team
  5. Pengurus NDCI atas support dan doa restunya
  6. Siobre Team (Ommek, Omto, Bunhit) kalo turing jangan lupa bawa oxygen ya
  7. Omical, Kodim, KaAy, Kang Int yang udah dibela-belain datang dari jauuuh
  8. Sahabat KLIK dan NJIA, Nissan Malang
  9. Sahabat Keluarga Besar NDCI CHAPTER JATIM… Jempoool
  10. Mobil-mobil yang hebat dan kencaaang